Water Resistance Pada Jam Tangan

Water Resistant Pada Jam Tangan adalah tanda umum yang ada pada bagian belakang atau depan tangan jam tangan, yang menunjukkan seberapa baik jam tangan tersebut tahan terhadap masuknya air. Hal ini biasanya disertai dengan indikasi tekanan uji statik dalam menguji kebocoran pada sebuah sampel jam tangan yang baru diproduksi. Tekanan uji dapat ditunjukkan secara langsung dalam satuan tekanan seperti Meter, BAR, Atmosfer(ATM), atau feet(Ft) sebagai pengukur kedalaman air.

Jam tangan dengan tanda Water Resist 100m bukan berarti jam tangan tersebut bisa digunakan untuk menyelam pada kedalaman 100m. Pada setiap kedalam laut memiliki tekanan air hal inilah yang biasanya menjadikan patokan pada setiap nilai ketahanan air pada jam tangan. Tanda 100m bisa mengartikan bahwa jam tersebut telah diuji pada tekanan air 100m. Oleh karena itu kebanyakan produsen jam tangan lebih memilih menggunakan satuan tekanan (Bar atau ATM) dibanding dengan satuan meter (m). Dikarenakan manusia lebih biasa mengenal meter untuk pengukuran sebuah jarak bukan sebuah tekanan.

Selain itu kemampuan jam tangan terhadap tekanan air tidak selamanya bisa diartikan bahwa jam tersebut dapat terus bertahan pada tekanan air yang disebutkan. Hal ini bisa dikarenakan terjadinya kebocoran atau juga umur dari jam tangan tersebut. Untuk beberapa jam tangan dibuat khusus untuk aktivitas menyelam pada kedalaman laut yang sangat dalam (Deep Sea/Deep Diving). Biasanya terdapat tanda Diver/Diving Watch pada belakang jam tangan. Untuk informasi Meter, BAR, Atmosfer(ATM), atau feet(Ft) pada sebuah jam tangan bisa anda lihat dibawah ini.

Informasi Water Resistant & Penggunaanya

water-resist-info

Tinggalkan Balasan